• Pemograman : PHP Dasar (Variabel)

         Variable adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu berubah, didalam PHP golongan variable terbagi-bagi, yaitu integer(bilangan bulat), string, float(bilangan pecahan), array, dan object.

         Sebuah variable dapat memiliki nama pendek, seperti x, atau nama yang lebih deskriptif, seperti carName

         Aturan pembuatan variable PHP yaitu:
    • Variable dalam PHP dimulai dengan tanda $, diikuti oleh nama variable.
    • Nama variable harus dimulai dengan huruf atau karakter garis bawah.
    • Sebuah nama variable hanya dapat berisi karakter alfa-numerik dan garis bawah (Az, 0-9, dan _).
    • Nama variable tidak boleh mengandung spasi.
    • Nama-nama variable adalah case sensitif (y dan Y adalah dua variable yang berbeda).
     Contoh :
         Dalam PHP, variable tidak perlu dideklarasikan sebelum menambahkan sebuah nilai ke dalamnya. Dalam contoh di atas, perhatikan bahwa kita tidak perlu memberitahu PHP yang tipe data variable tersebut. PHP secara otomatis mengkonversi variable dengan jenis data yang benar, tergantung pada nilainya.

    Lingkup Variable PHP

         Ruang lingkup variable adalah bagian dari script di mana variable dapat direferensikan. PHP memiliki empat lingkup variable berbeda, yaitu:
    • lokal
    • global
    • statis
    • parameter
    Lingkup Lokal

         Variable Lingkup Lokal adalah Sebuah variable dinyatakan dalam fungsi PHP adalah lokal dan hanya dapat diakses dalam fungsi itu. contoh:

         Script di atas tidak akan menghasilkan output apapun karena pernyataan tersebut mengacu pada variable $Nilai pada lingkup lokal, yang belum diberi nilai dalam lingkup ini.

         Anda dapat memiliki variable lokal dengan nama yang sama dalam fungsi yang berbeda, karena variable lokal hanya diakui oleh fungsi dimana mereka dideklarasikan. Variable lokal akan dihapus segera setelah fungsi selesai.

    Lingkup Global

         Lingkup global mengacu pada setiap variable yang didefinisikan di luar fungsi apapun. Variable global dapat diakses dari setiap bagian dari script. Untuk mengakses variable global dari dalam fungsi, maka digunakan tag global, contoh:


         Script di atas akan menampilkan 110.

         PHP juga menyimpan semua variable global dalam sebuah array disebut $ GLOBALS [index]. Index adalah nama variable. Array ini juga dapat diakses dari dalam fungsi dan dapat digunakan untuk memperbarui variable global secara langsung.

         Contoh di atas dapat ditulis ulang seperti dibawah ini:


    Lingkup Statis

         Ketika fungsi selesai, semua variable yang biasanya dihapus. Namun, terkadang Anda ingin sebuah variable lokal untuk tidak dihapus.

         Untuk melakukannya, gunakan tag statis ketika Anda pertama kali mendeklarasikan variable, contoh:



    Note : Variable masih lokal.

    Parameter

    Parameter adalah variable lokal yang nilainya dilewatkan ke fungsi dengan kode panggilan. Parameter dinyatakan dalam daftar parameter sebagai bagian dari deklarasi fungsi, contoh:


0 komentar:

Posting Komentar