• Makanan : Telur

         Telur mungkin sudah tak terpisahkan lagi dari kehidupan kita sehari – hari, telur menjadi lauk yang memang enak. Bisa juga di fariasikan menjadi berbagai olahan, dan hal ini yang membuat telur sering di kombinasikan ke dalam berbagai masakan.

         Telur ayam merupakan makanan yang dapat kita makan secara langsung maupun melalui proses terlebih dahulu. Pada umumnya jika telur di konsumsi secara langsung biasanya telur tersebut merupakan telur ayam kampung yang belum terkena obat-obatan. Telur ayam kampung memiliki khasiat yang lebih baik dari pada telur ayam petelur. Hal ini karena ayam petelur biasanya menggunakan obat-obatan sehingga telur yang di hasilkan pun mengurangi kadar manfaat yang ada di dalamnya.
    • Komposisi Telur
         Komposisi kimia telur kaya akan vitamin B (khususnya vitamin B12), vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Perlu dicatat bahwa sangat sedikit makanan yang mengandung vitamin D, telur menjadi salah satunya. Kandungan protein dalam telur sekitar 11 persen. Telur pun mengandung semua asam amino yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Hal ini membuat telur merupakan bagian penting dari mereka yang ingin meningkatkan berat badan dan membangun otot. Sebagian besar terkonsentrasi di bagian putih telur yang dikenal sebagai albumin.

         Untuk kandungannya sendiri antara ayam petelur dengan telur ayam kampung sangatlah berbeda sekali. Hampir kandungan dari telur ayam kampung dua kali lipat lebih bagus dari pada telur ayam petelur. Pada penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University menghasilkan nutrisi esensial yang terdapat pada telur ayam kampung lebih tinggi dari pada ayam petelur.
    • Mamfaat Dari Isi Telur Sampai Kulit Telur
    - Putih Telur adalah Sumber Protein Alami

         Dalam putih telur terkandung beberapa jenis protein, di antaranya fosfor, kalsium, zink dan pottasium. Protein alami dalam putih telur juga baik dalam menghasilkan asam amino untuk pembentukan otot.

    - Putih Telur Tidak Mengandung Kolesterol

         Dalam putih telur tidak terkandung lemak, kolesterol, lemak trans dan karbohidrat. Sehingga putih telur bisa di konsumsi untuk membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam asupan kita.

    - Protein Putih Telur Mudah di Serap Tubuh

         Protein alami dalam putih telur ternyata lebih mudah di serap oleh tubuh di banding makanan lain seperti daging ataupun minuman berprotein. Hal ini membuat protein dapat d serap sepenuhnya dalam tubuh tanpa harus banyak protein yang terbuang.

    - Putih Telur Bisa Mengurangi Berat Badan

         Berdasar penelitian di Pennington Biomedical Research Centre membuktikan , mereka yang mengkonsumsi 2 putih telur setiap pagi berat badannya berkurang sekitar 65% dan merasa lebih berenergi di banding yang hanya mengkonsumsi roti biasa.

    - Mengurangi risiko kebutaan karena usia

         Lutein yang ada di telur membantu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko kebutaan yang berkaitan dengan usia.

    - Mengandung asam lemak omega 3

         Lemak ini sangat penting untuk pengembangan mata dan pendengaran pada anak-anak dan fungsi otak sepanjang hidup. Asam esensial juga membantu menjaga sirkulasi dan menurunkan risiko penyakit jantung. Telur dengan omega 3 juga memiliki lebih sedikit lemak jenuh.

    - Mengencerkan otak

         Dua telur dengan kandungan 550 miligram kolin setiap hari selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin dan menghasilkan ingatan tajam pada anak. Kolin juga penting untuk memori. Sumber kolin lain termasuk kacang kedelai, ayam dan salmon.

    - Sebagai penyubur tanah atau kompos

         Kulit telur cepat membusuk dalam timbunan tanah dan akan menghasilkan tambahan kalsium dan beberapa mineral tambahan ke dalam tanah.

    - Pengontrol Hama Bebas Racun

         Tebarkan pecahan cangkang telur disekitar bunga dan tanaman untuk mencegah Keong pemakan tumbuhan, siput dan cacing dengan bahan yang ramah lingkungan. Rusa, kambing dan sejenisnya juga membenci bau kulit telur, jadi tebarkan pecahan cangkang telur disekitar petak bunga anda untuk menjaganya dari para “pemangsa”

    - Mengurangi Rasa Pahit dalam Kopi

         Tambahkan kulit telur dalam saringan kopi anda, dan anda dapat menikmati pagi anda dengan kopi yang berkurang rasa pahitnya.

    - Tempat Pembibitan yang baik

         Isi belahan cangkang telur dengan tanah daripada menggunakan pot tanah gambut untuk pembibitan awal. Penggunaan cangkang telur untuk untuk pembibitan tomat, adalah yang terbaik sebelum bibit ini siap untuk dipindahkan ke kebun pada musim tanam.

    - Membersihkan Kerak Pada Alat Rumah tangga

         Campurkan pecahan cangkang telur dengan sedikit air sabun dan gunakan untuk membersihkan benda - benda seperti termos atau vas. Hal ini juga dapat dilakukan untuk membersihkan kerak beracun pada panci dan wajan.

    - Karya Seni

         Sewaktu SMP saya pernah ditugasi untuk mengukir dan menghiasi telur bebek. Pengrajin-pengrajin di Bali juga banyak yang menghias telur sehingga mempunyai nilai seni.

    - Sebagai cetakan coklat atau jeli

         Pastikan anda hati - hati dalam mengisi cangkang telur dengan coklat atau jelli untuk membuat bentuk seperti cokla. Kupas sebelum disajikan atau biarkan mereka mendapat kejutan sedikit

    - Sebagai Pembersih Saluran Alami

         Taruh beberapa pecahan kulit telur pada sarinyan bak cuci dapur anda. Mereka akan mesemakin terpecah pada saat mereka ikut mengalir dan serpihan - serpihanny akan membantu membersihkan saluran drainase anda.

    - Sebagai media pengobatan

         Membran super tipis didalam cangkang telah lama digunakan sebagai obat rumah untuk beberapa penyakit. dari penyembuh luka hingga pengobatan terhadap kuku yang tunbuh kedalam.

    - Perawatan Terhadap Kulit Iritasi

         Larutkan cangkang telur dengan cuka apel [sekitr 2 hari], dan gunakan campran ini untuk obat iritasi ringan pada kulit dan gatal.

          Ini adalah rangkuman dari berbagai sumber yang saya dapat.

0 komentar:

Posting Komentar