• Kesehatan : Cara Mencegah/Menghilangkan Jerawat

         Jerawat merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh kelenjar minyak yang berlebihan sehingga menyumbat saluran follicle rambut dan pori-pori kulit yang mengkibatkan peradangan yang kita sebut sebagai komedo. Jika tidak segera diatasi maka komedo ini akan berubah menjadi jerawat atau acne yang membandel.

         Jerawat memang penyakit yang sangat menganggu penampilan, selain bisa diwajah juga lengan dan punggung. Untuk itu tips cara menghilangkan jerawat perlu untuk anda ketahui agar bisa melepaskan diri dari penyakit yang satu ini.

         Penyakit yang satu ini kerap membuat penderitanya tidak pecaya diri, karena bagian wajah ternoda oleh benjolan kecil berwarna merah dan kuning. Rasa tidak percaya diri tersebut tidak jarang mengakibatkan si penderita tidak sabaran untuk menghilangkan jerawat di wajahnya melalui jalan pintas, yakni memecahnya dengan kuku tangan. Padahal hal tersebut dapat mengakibatkan bekas jerawat berwarna hitam yang susah untuk dihilangkan.

         Penyebab jerawat sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Namun secara umum ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang berjerawat yaitu, faktor genetik atau keturunan, depresi, stres berat, kelenjar minyak yang hiperaktif,  aktifitas hormon yang berlebihan, dan bakteri yang mengendap di pori-pori.

    Dibawah ini tips untuk menghilangkan/mencegah jerawat:
    • Mencuci wajah 2 kali sehari bisa menghilangkan jerawat
         Untuk menghilangkan jerawat Anda bisa mencuci wajah minimal 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit kita. Tapi jangan hanya mencuci wajah saja tetapi saat mandi juga.
    • Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda mungkin akan menghilangkan jerawat
         Sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak untuk menghilangkan jerawat.
    • Minum air putih minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.

    • Sering-seringlah makan sayur dan buah.
         Sayur-sayuran mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.
    • Tidur yang cukup dan teratur.
         Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kembali segar.

    Sedikit tips dari saya, salah satu obat alami untuk jerawat, yaitu:
    1. Siapkan 2 atau 3 lembar daun pepaya yang sudah tua.
    2. Jemur daun pepaya hingga kering.
    3. Campurlah daun pepaya tersebut dengan air secukupnya.
    4. Lalu dilumatkan dan diperas untuk diambil sarinya.
    5. Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat
          Ini adalah rangkuman dari berbagai sumber yang saya dapat.

0 komentar:

Posting Komentar